Minggu, 13 Juni 2010

Magang Mengajar Santri Pra Pengabdian

Suasana sore yang biasanya di isi dengan santai dan canda tawa kini telah terenggut mesra. Selama satu minggu sejak sabtu (22/05/2010) sampai kamis (27/05/2010) santri kelas akhir pra pengabdian PPA. Nirmala putri yang sebentar lagi akan segera menjalani proses pengabdian kembali di godok dan di bekali berupa magang di TK Al wildan yang memang di kelola oleh PPA. Nirmala putri sendiri. Namun, meski cuma di kandang sendiri para peserta tetap sedikit deg-degan.


18 orang santri yang kini duduk di kelas akhir di bagi menjadi menjadi 6 kelompok di mana setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Setiap harinya, selama satu minggu ke 6 kelompok itu di rolling untuk mengajar di 7 kelas yang di kelola TK Al Wildan. Antara lain TKA I, TKA II, TK B, TPAL, TQA I, TQA II, dan TQA III.

Magang itu di maksudkan sebagai salah satu upaya pelatihan, persiapan dan pemantapan bagi santri kelas akhir yang akan berangkat sebagai guru tugas agar nantinya tidak terkejut dan gelagapan di lapangan. Selain itu juga untuk menguji sejauh mana hasil yang dicapai sewaktu pembekalan kemarin. Serta untuk melatih kesabaran serta ketelatenan untuk menjadi pendidik sejati yang akan menjadi Agent of change pada pengabdian tahap selanjutnya.

"karena kami sudah di bekali cara-cara mengajar yang baik dan sesekali mengajar membantu ustadzah yang sedang berhalangan di TK Al Wildan jadi saya sedikit percaya diri walaupun tidak bisa di pungkiri ada juga rasa takut". Ungkap Siti Afifah salah satu Peserta Magang.

Tantangan paling berat yang sering di alami adalah menghadapi kepolosan anak-anak didik yng masih kecil. Menangis, bertengkar, dan tidak mau belajar. Hal itu sangat menguras kesabaran dan ketelatenan.

Magang pra pengabdian ini adalah satu jeda bagi kita semua untuk sejenak menengok ke belakang. Membuka kembali catatan-catatan yang mungkin penuh bercak dan noda. Sebagai satu slide untuk mengintropeksi diri. Sudahkah kita berarti bagi orang lain. Sudahkan kita membagi hidup kita untuk kepentingan ummat. Akhirnya marilah menjadi pengabdi sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar